Silahkan pilih menu Label Blog :

1.Pengertian Sensor


2. http://1.bp.blogspot.com/_qpVYZblSgcE/TQpzwbOoQwI/AAAAAAAAB-Q/dwU4yTTYupk/s200/ldr.jpg

3. Sensor adalah alat untuk mendeteksi atau mengukur sesuatu, yang digunakan untuk mengubah variasi mekanis, magnetis, panas, sinar dan kimia menjadi tegangan dan arus listrik.

Sensor dalam teknik pengukuran dan pengaturan secara elektronik berfungsi mengubah besaran fisik (misalnya : temperatur, gaya, kecepatan putaran) menjadi besaran listrik yang proposional.


Sensor dalam teknik pengukuran dan pengaturan ini harus memenuhi persyaratan-persyaratan kualitas yakni :

1. Linieritas. Konversi harus benar-benar proposional, jadi karakteristik konversi harus linier.

2. Kepekaan. Kepekaan sensor harus dipilih sedemikian, sehingga pada nilai-nilai masukan yang ada dapat diperoleh tegangan listrik keluaran yang cukup besar.

3. Tidak tergantung temperatur. Keluaran konverter tidak boleh tergantung pada temperatur disekelilingnya, kecuali sensor suhu.

4. Waktu tanggapan. Yaitu waktu yang diperlukan keluaran sensor untuk mencapai nilai akhirnya pada nilai masukan yang berubah secara mendadak. Sensor harus dapat berubah cepat bila nilai masukan pada sistem tempat sensor tersebut berubah.

5. Stabilitas waktu. Untuk nilai masukan (input) tertentu sensor harus dapat memberikan keluaran (output) yang tetap nilainya dalam waktu yang lama.

6. Batas frekuensi terendah dan tertinggi. Batas-batas tersebut adalah nilai frekuensi masukan periodik terendah dan tertinggi yang masih dapat dikonversi oleh sensor secara benar. Pada kebanyakan aplikasi disyaratkan bahwa frekuensi terendah adalah 0Hz.

7. Histerisis. Gejala histerisis yang ada pada magnetisasi besi dapat pula dijumpai pada sensor. Misalnya, pada suatu temperatur tertentu sebuah sensor dapat memberikan keluaran yang berlainan.

4. http://3.bp.blogspot.com/_qpVYZblSgcE/TQpzonKd-FI/AAAAAAAAB-M/67qMDqkNtzw/s400/sensor.jpg